Berani Gagal Berani Sukses Part 1

Berani gagal, kata-kata itu sangat mudah sekali diucapkan, mudah dipikirkan, namun sangat susah untuk dipraktekkan. Ketika saya memutuskan untuk keluar dari pekerjaan sebagai karyawan dan memulai bisnis sendiri sebagai pegulat dunia cyber, saya sudah tahu dan benar-benar mengerti kata "Berani Gagal" ini. Saya pasti akan menghadapi satu atau dua kali kegagalan dalam perjalanan usaha saya ini. Saya akan dipertemukan pada sebuah kondisi yang akan membuat drop semangat diri. Jadi, apapun itu resikonya ya akan saya hadapi…percayalah, bahwa saya sudah menyiapkan diri sebaik-baiknya untuk menghadapi semua resiko yang akan terjadi.  Saya keluar dari tempat kerja saya hanya dengan keyakinan bahwa saya akan berhasil di dunia ini. Karena saya memiliki kemampuan dan keahilan yang dibutuhkan, saya punya modal untuk mempelajari semua ini, dan saya punya tekad dan kemauan untuk berhasil di sini. Yach…walaupun dunia yang saya pilih kini jauh dari disiplin ilmu yang saya miliki. Yang jelas pendeknya saya benar-benar siap, atau setidak-tidaknya berpikir bahwa saya sudah siap terjun bebas di sini. Walaupun banyak orang yang melihat aneh dan meragukan tentang dunia bisnis yang saya geluti. Tapi setidaknya masih adalah teman-teman dekat saya, yang juga mengerti dan mengenal cara kerja ini. Dan saya pun memiliki keyakinan bahwa saya akan menjadi orang yang berhasil. Yach, menjadi benar-benar “to be smart muslimah blogger and domainer”  seperti ibu-ibu yang lainnya dengan penghasilan seribu, sepuluh ribu, atau bahkan mungkin sampai seratus ribu dollar perbulan. Di mana semua pekerjaan yang bisa menghasilkan angka-angka itu, hanya saya kerjakan di dalam rumah dan tanpa harus capek-capek serta panas-panasan keluar rumah. Intinya sih sebagai wanita ingin bisa berhasil menjadikan “my home is my office”. Keren ya…ciee...ileh....pede and yakin banget ya saya…padahal baru juga anak kemarin hehehe…

Beranjak dari keputusan itulah, saya pun mulai melakukan apa yang bisa saya lakukan. Saya mulai hunting mencari informasi kesana kemari guna menemukan hal-hal yang bisa menghantarkan saya kepada minat bisnis yang ingin saya geluti. Walaupun sebenarnya basic keilmuan saya jauh melenceng dengan sesuatu yang ingin saya ketahui. Ternyata rasa penasaran terhadap dunia bisnis ini pun membuat saya lebih berpikir keras, jika sudah banyak orang yang mampu meraih sukses disini, lah kenapa saya tidak! Meskipun saya belum tahu kapan saya benar-benar bisa menguasai bisnis ini secara seutuhnya dan menuai sukses seperti mereka yang telah jauh lebih dahulu terjun ke dunia cyber ini. Yang jelas ini saatnya untuk saya mencari semua pengetahuan yang berhubungan dengan dunia persilatan ini, walaupun dalam perjalanannya ada sedikit kebingungan untuk memahami dan mengerti. Tapi saya berpikir semua kebingungan itu gak penting, yang penting sekarang adalah belajar dan belajar terlebih dahulu. Karena saya pasti akan bisa menjadi paham dan benar-benar mengerti, jika saya terus berusaha untuk aksi dan mempelajari. Urusan berapa duit yang akan bisa saya hasilkan itu urusan nanti. Urusan ada berapa banyak order yang bisa saya dapati perhari, itu juga nanti. Karena pokok utamanya disini adalah mengetahui dan mempelajari ilmunya dengan kesungguhan hati. Itulah langkah pertama yang  harus saya lakukan untuk memulai usaha sendiri.

Jangan pernah berpikir langsung dapat order, jangan berpikir langsung dapat job, dan jangan berpikir langsung dapat macam-macam. Dan juga jangan memikirkan kemungkinan terburuk, lakukan saja hal-hal kecil dengan sepenuh hati, banyak belajar,  terutama tentang dunia bisnis yang ingin digeluti. Belajar fokus, baca buku motivasi, dan terus setia dalam perkara kecil ini. Jika kita belum bisa melakukan hal-hal yang besar, maka lakukanlah hal-hal kecil dengan cara yang besar. Kan sudah gak jadi karyawan lagi, gunakan hari-hari semaksimal mungkin untuk mempelajari.  Belajarlah dan bekerja tiap hari sambil mendengarkan audio motivasi, sisipkan sedikit waktu untuk membaca buku yang berkaitan dengan bidang yang diminati, dan kalaupun ada kesempatan mampir ke toko buku hampiri rak-rak buku yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang sedang digeluti. Gali terus potensi dan jangan takut untuk belajar hal-hal yang baru, sekalipun ilmu bisnis itu berlawanan arah dengan disiplin ilmu yang dimiliki.

Sayapun bersyukur kepada Allah yang telah memberi saya kehidupan, yang telah memberikan saya begitu banyak karunia sehingga menjadikan hidup saya terasa luar biasa, berdoa dan menguatkan iman. Saya sangat percaya bahwa rejeki itu datangnya dari Allah, dan Allah akan memenuhi segala kebutuhan hidup saya, karena Allah mencintai saya dengan cinta-Nya yang kekal. Karena Allah itu kaya raya, seluruh dunia beserta isinya Dia-lah yang memilikinya. Dan Allah itu Maha Cinta, Dia yang memiliki cinta sampai pada titik ketakterhinggaan pada semua makhluk-Nya. Allah juga yang Maha Kuasa atas pengendalian kehidupan kita....jadi jalankan saja apa yang sudah menjadi keputusan dan tekad kita. Biarkan Allah yang mengatur hasilnya. Sekarang tugas kita adalah mengambil tindakan dan beraksi, fokus mempelajari segala yang berkaitan tentang pekerjaan kita. Dan berusahalah untuk bisa bergabung bersama orang yang memiliki minat yang sama, agar kita kecepretan ilmunya, agar kita ketularan pintarnya, dan agar kita bisa ikut belajar bersama mereka, guna membangun pondasi atas bisnis yang kita geluti.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

🌈Melukis Pelangi Di Tengah Hujan

Cinta Sejati

🥀Perang Melawan Diri Sendiri