Halaman

Minggu, 13 Mei 2018

UJIAN ATAU BUKAN

Kehidupan ini adalah persinggahan sementara kita. Banyak sekali cerita yang mungkin hadir di setiap perjalanan kita. Persoalan demi persoalan Allah berikan, untuk kita jawab dengan rasa kesabaran. Tidak peduli dia seorang yang beriman atau bukan. Tidak peduli dia seorang yang bertakwa atau bukan. Allah memberikan soal ujian kepada semua orang. Hanya saja kadar persoalannya yang berbeda. 

Bagaimana dengan kalian? Adakah persoalan yang dihadapi sekarang? Setiap persoalan yang Allah berikan, tidak semua orang mampu menjawabnya dengan benar. Dan menjalaninya dengan penuh kesabaran. Sebagian beranggapan bahwa itu adalah ujian, kemudian ada yang melihat itu adalah azab, bahkan sampai ada yang beranggapan itu adalah istidraj. Mana yang benar?? Setiap mata yang melihat, kadang membuat mulut ikut berkata semaunya tanpa melihat dalamnya. Yuk kita lihat sekarang, agar tidak lagi salah pemahaman. 

**Ujian
Musibah yang datang meskipun engkau rajin beribadah. Bertujuan untuk menguji ke istiqomahan mu dalam beribadah

**Adzab
Musibah yang datang tatkala engkau sering melalaikan dan meninggalkan kewajiban ibadah. Bertujuan sebagai peringatan kepada mu agar selalu menunaikan hak-hak Allah

**Istidraj
Tidak pernah shalat, puasa dan berzakat. Namun rezeki cukup, kesehatan prima dan urusan lancar. Bertujuan untuk memberikan adzab yang pedih atas diri mu di hari pembalasan.

Nah, sekarang sudah paham kan? Ketika hati berbisik tentang segala persoalan hidup, makan jangan cemaskan. Kita bisa lihat apakah itu soal ujian atau bukan. Jika itu sebuah ujian, maka percayalah bahwa setelah kesulitan pasti akan ada kemudahan. Dan Allah sudah mempersiapkan jalan keluar. Dengan ujian, Allah ingin melihat konsistensi iman kita, dan Allah ingin kita selalu dekat kepada-Nya. Ketika itu ujian, maka pertolongan Allah akan datang. InsyaAllah. 

Jadi sahabat, ujian itu adalah tanda sayang Allah kepada kita ya.. So jangan resah nan gelisah. Tawakaltu Alallah saja lah,  tetap SEMANGAT💪💪

Tidak ada komentar:

Posting Komentar