Sawang Sinawang

Mungkin kita pernah mendengar sebuah komentar atau orang di sekitar bilang; "...enak ya jadi guru, enak ya kerja jadi dosen, enak ya jadi anak kuliahan, enak ya kerja di A, enak ya...enak ya...dan masih banyak lagi komentar tentang enak ya lainnya yg sering kita dengar."

Terkadang di mata kita, yang kita kerjakan saat ini dimata kita terasa begitu berat. Sedang kita melihat pekerjaan orang lain yang terlihat oleh mata kita lebih mudah. Apalagi jika tahu pekerjaan orang lain yang kita anggap lebih mudah tersebut gajinya lebih gede, dan sebagainya, wah..tambah bikin sesak nafas aja rasanya. Tapi insya Allah tidak untuk saya ya. Karna alhamdulillah nafas saya masih baik2 saja, jauh yg namanya dari sesak nafas heheešŸ˜Padahal, apa yang kita lihat belum tentu sesuai dengan yang mereka rasakan. Mungkin mereka juga bakal menganggap apa yang kita kerjakan, jauh lebih mudah dan lebih enak di bandingkan dengan pekerjaannya. 

Seorang karyawan perusahaan negeri/swasta bisa saja melihat pekerjaan seorang petani dan pedagang terasa enak dan terlihat lebih mudah, krn menurutnya tidak ada deadline dan tekanan dari atasan dalam pekerjaannya. Tidak ada keharusan utk menyiapkan laporan bulanan dan tahunan, yang menjadi target pekerjaannya. Mereka bebas menentukan cara kerjanya secara mandiri. Begitupun sebaliknya, terkadang seorang petani atau pedagang melihat dan menganggap pekerjaan karyawan negeri/swasta lebih mudah&enak, krn pekerjaanya dilakukan tdk harus panas2an. Dan lingkup kerja dalam ruangan yang nyaman. Begitu seterusnya.

Atau ada juga, mereka yg tdk kuliah melihat temannya yang memiliki kesempatan menjalani kuliah, terlihat enak di matanya. Namun sebaliknya, ada anak kuliahan yang melihat temannya yg tdk kuliah, memutuskan langsung terjun dlm perkerjaan dan mendptkan gaji, terlihat enak dimatanya, dan seterusnya.

Begitulah kacamata kehidupan dgn segala nusananya. Kalau kata pepatah jawa, hidup itu sawang sinawang. Apa yang kita lihat, belum tentu seindah apa yang sebenarnya ada.

Dan semua apa yang kita kerjakan pasti ada yang berurai airmata. Walaupun tidak semuanya, dan setiap masa. Ada sebuah proses dan tanggungjawab pekerjaan tersendiri sesuai porsinya. Tidak ada yang ini mudah, dan tidak ada yang ini susah. Semua pekerjaan dan aktivitas harian kita, masing2 memiliki tingkatan yang sama2 perlu pemikiran. Setiap pekerjaan tidak ada yg semua manis rasanya seperti gula. Tidak ada juga yang semuanya pahit seperti daun pepaya. Apapun pekerjaan dan aktivitas harian kita, semua ada beban tanggungjawab dalam menapaki perjalanannya. Karna kita tidak bisa menilai semua yang ada, hanya melalui apa yang tampak secara kasat mata saja. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cinta Sejati

šŸ„€Perang Melawan Diri Sendiri

šŸŒˆMelukis Pelangi Di Tengah Hujan